Sumenep, (Media Madura) – Katua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mendapat teguran dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat. 

Herman Dali Kusuma ditegur lantaran menghadiri kampanye salah satu calon Gubernur Jatim di Kecamatan Pragaan dan Kecamatan Bluto beberapa waktu lalu. 

“Terkait laporan pelanggaran yang salah satunya dilakukan oleh Ketua Dewan (Herman Dali Kusuma) sudah kita proses dan sudah kita layangkan surat teguran tertulis,” kata Komisioner Panwaslu Sumenep, Imam Syafi’i, Jum’at (6/4/2018).

Katanya, pihaknya sudah memeriksa saksi dan pihak-pihak termasuk memanggil Ketua Dewan untuk melakukan klarifikasi. Tetapi yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan tersebut. 

“Karena yang bersangkutan tidak hadir, lalu kami klarifikasi ke KPU apakah ada pemberitahuan tahu tidak, ternyata memang tidak ada,” jelasnya.

Untuk itu, berdasarkan keterangan saksi dan klarifikasi-klarifikasi tersebut, pihaknya melayangkan surat teguran atas pelanggaran PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/ Wakil Bupati dan Wali Kota/ Wakil Wali Kota.

“Bahwa setiap pejabat negara yang hendak menghadiri kampanye harus mengajukan cuti kepada KPU. Jika tidak, maka tindakan tersebut tergolong pelanggaran,” tandasnya. 

Reporter : Rosy
Ediror : Ist

Tinggalkan Balasan