Ilustrasi

Sampang, (Media Madura) – Komisioner Divisi Teknis KPU Sampang, Madura, Jawa Timur, Addy Imansyah mengungkapkan jumlah pemilih pemula dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Sampang mencapai 53.028 orang.

“Data pemilih pemula ini sesuai dengan data pada daftar potensial pemilih pemilu (DP4) dan hasil coklit yang dilakukan petugas lapangan,” katanya, Rabu (7/3/2018).

Addy menjelaskan, jumlah pemilih pemula tersebut berdasarkan hasil sinkronisasi daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir tahun 2014 dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) dari Kemendagri yang diterima KPU pusat.

Selain itu, untuk kategori pemilih pemula, mereka yang pada hari pemungutan suara berumur 17 tahun, atau sudah pernah menikah atau pernah menikah meskipun belum berusia 17 tahun serta pemilih yang beralih status dari TNI/Polri menjadi sipil.

Jumlah calon pemilih pilkada di Kabupaten Sampang, Madura untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar pada 27 Juni 2018 sebanyak 805.459 orang.

Perinciannya sebanyak 399.257 pemilih laki-laki, calon pemilih perempuan sebanyak 406.202 jiwa.

“Calon pemilih ini kemudian kita lakukan pencocokan dan penelitian dan saat ini sudah rampung dilakukan KPU Sampang,” ungkapnya.

Selanjutnya, KPU Sampang akan mengumumkan hasil coklit tersebut menjadi daftar pemilih sementara, sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan oleh KPU RI.

Addy menambahkan, penetapan daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pilkada tahun ini akan dilaksanakan pada 10 sampai 16 Maret mendatang.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan