Tersangka kasus korupsi KUT yang buron belasan dan berhasil ditangkap

Sumenep, (Media Madura) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bekerja sama dengan Kejaksaan Agung RI berhasil menangkap seorang terpidana kasus korupsi.

Seseorang bernama Salim Achmad, warga jalan Dr Sutomo, Sumenep itu diciduk di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Rabu (14/2/2018) sekitar pukul 11.52 WIB. Ia merupakan daftar pencarian orang (DPO) terpidana kasus Kredit Usaha Tani (KUT).

“Terpidana kasus KUT itu sudah 11 tahun jadi DPO,” kata Kajari Sumenep, Bambang Panca Wahyudi Hariadi melalui Kasi Intelijen, Rahadian Wisnu Whardana pada awak media.

Wisnu mengatakan, selain buron Salim sudah pindah domisili, bukan warga Sumenep lagi. Namun beruntung ia masih bisa ditangkap.

Katanya, sesuai putusan Mahkamah Agung RI No : 1548 K/PID/2005 tanggal 27 September 2007, terdakwa bersama dengan Citronadi (sudah menjalani putusan pengadilan) dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dana KUT yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 3 miliar lebih.

“Tindak pidana korupsi tersebut ia lakukan secara bersama-sama. Total nilai kerugiannya mencapai Rp. 3.263.248.066,00 dan terancam pidana penjara selama 2 tahun serta denda sebesar Rp 10 juta,” terangnya.

Saat ini, tim dari Kejari Sumenep masih berada di Jakarta dan dalam waktu dekat akan segera bertolak ke Sumenep untuk menjebloskan yang bersangkutan ke tahanan.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan