Selasa, November 30, 2021
- Advertisement -
Politik & PemerintahanKPU Pamekasan Mulai Verifikasi Faktual Sejumlah Parpol

KPU Pamekasan Mulai Verifikasi Faktual Sejumlah Parpol

Pamekasan, (Media Madura) – Beberap partai politik (Parpol) yang berkantor di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai diverifikasi secara faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Verifikasi faktual itu akan menvalidkan secara kelembagaan dan keanggotaan terhadap parpol yang akan menjadi peserta pemilihan umum (pemilu) pada 2019 memdatang.

“Semua parpol akan menjalani verifikasi faktual, hal itu untuk menjadi peserta pemilihan caleg (Calon Legislatif) pada tahun 2019 mendatang,” kata Ketua KPU Pamekasan, Hamzah di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) partai Nasional Demokrat (Nasdem), Selasa (30/1/2018).

Ditambahkan Hamzah, verifikasi faktual itu dilakukan kepada seluruh parpol lama dan parpol baru. Dalam verifikasi itu KPU harus bertemu langsung dengan pengurus harian, perwakilan di tingkat kecamatan dan 30 persen keterwakilan perempuan.

“Ya verifikasinya mengambil 5 persen dari Sipol (Sistem informasi parpol) sebagai sampel,” tambahnya.

Pengambilan sampel 5 persen itu, urai Hamzah, harus terwakili dari semua kecamatan yang ada di kabupaten berslogan Gerbang Salam itu. Hitung-hitungnnya kalau di Pamekasan per kecamatan harus menghadirkan anggota sebanyak 7 orang.

“Verifikasi ini sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 53 tahun 2017, yaitu semua parpol harus di verifikasi,” tutupnya.

Proses verifikasi diawali dengan pengecekan terhadap Partai Amanat Nasional (PAN) yang berada di Jalan Amin Jakfar, Partai NasDem (Nasional Demokrat), Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat) dan PPP (Partai Persatuan Pembangunan, proses verifikasi tersebut nantinya akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Terhitung mulai Selasa (30/1/2018) hingga Kamis (1/2/2018) lusa.

Di hari kedua, Rabu (31/1/2018) besok. Sebanyak tiga parpol akan menjadi sasaran verifikasi KPU Pamekasan, yakni PDI Perjuangan, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan sejahtera (PKS).

Di hari terakhir verifikasi dimulai dari PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia), PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), Partai Golkar (Golongan Karya), Partai Demokrat (PD) dan PBB (Partai Bulan Bintang).

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Space Available | Kontak Kami

Pilihan Redaksi

- Advertisement -

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme