Calon Penumpang Pelabuhan Kalianget Tertahan Berhari-hari karena Cuaca Buruk

Advertisement

Sumenep, (Media Madura) – Cuaca buruk yang melanda perairan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur membuat para calon penumpang tertahan berhari-hari di pelabuhan Kalianget.

Berdasarkan data terbaru dari Dinas Sosial (Dinsos) setempat, jumlah calon penumpang yang tertahan di pelabuhan dan sudah diberikan bantuan makananan mencapai 158 orang.

Calon penumpang yang tertahan di Pelabuhan Kalianget itu berasal dari Kepulauan Masalembu, Kangayan, Sapeken, dan Arjasa. Mereka tertahan lantaran kapal tujuan sejumlah kepulauan tidak bisa berangkat disebabkan cuaca ekstrem.

“Ya mau gimana lagi, kami harus tetap tinggal dan tidur di tempat penjualan tiket pelabuhan Kalianget,” ujar salah seorang calon penumpang ke pulau Masalembu, Sugiono, Selasa (30/1/2018).

Akibat tertahannya para penumpang di pelabuhan ini, sebagian calon penumpang ada yang mulai jatuh saki. Selain itu sebagian penumpang juga mulai kehabisan bekal, karena sudah sepekan berada di pelabuhan Kalianget untuk menunggu kepastian kapal berlayar.

“Sudah sepekan tertahan di Kalianget, kini bekal yang kami bawa mulai menipis,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di pelabuhan Kalianget, tidak hanya terjadi tumpukan penumpang saja, melainkan sejumlah kebutuhan pokok juga nampak terlihat antre menunggu kepastian kapal berlayar. 

Bahkan yang memprihatinkan, sebagian sembako seperti sayur mayur sudah mulai rusak dan membusuk.

“Ini sebagian sayur mayur sudah mulai rusak dan membusuk, jadi kami terpaksa mengalami kerugian yang lumayan besar,” kata Tarib salah seorang pedagang asal kepulauan Masalembu.

Para penumpang saat ini hanya bisa pasrah serambi berharap cuaca kembali normal dan ada operator pelayaran yang siap berangkat ke Kepulauan.

“Semoga saja cuaca kembali membaik dan kami bisa pulang ke kampung halaman,” harapan Tarib.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here