Nelayan Pamekasan Diimbau Hati-hati Jika Memaksa Melaut

Pamekasan, (Media Madura) – Nelayan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diimbau agar berhati-hati jika terpaksa harus melaut untuk memanuhi kebutuhan hidupnya.

Imbauan itu disampaikan karena saat ini cuaca sangat kurang bersahabat apalagi di tengah laut.

“Saat ini di daratan angin kencang luar biasa, apalagi di tengah laut. Jadi kepada para nelayan agar selalu berhati-hati,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono, Selasa (30/1/2018).

-Advertisement-

Informasi yang pihaknua terima dari Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak Surabaya, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 26 knots (48 km/jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim 35 knots (63 km/jam).

“Ukuran itu sangat besar apalagi hanya perahu dengan ukuran kecil,” tambah Budi.

Sedangkan tinggi gelombang, tutur pria berkumis tebal itu, di Laut Jawa bagian timur mencapai 1.3 – 3 meter, dan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur antara 2 – 6 meter.

“Jadi kami mohon untuk lebih berhati-hati dan waspada,” tutup Budi.

Akibat cuaca itu beberapa nelayan asal kabupaten berslogan Gerbang Salam itu sudah sepekan tidak melaut. Semoga aat ini para nelayan itu memanfaatkan liburnya dengan memperbaiki parahu dan jaringnya.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.