Media Madura – Buah-buahan adalah sumber vitamin dan nutrisi bagi tubuh. Mengonsumsi buah-buahan yang cukup akan menjaga kondisi tubuh tetap sehat atau bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, terlebih untuk ibu hamil.

Jambu biji sangat bagus untuk dikonsumsi pada waktu hamil untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena kandungan nutrisi pada jambu biji memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, kandungan pectin pada jambu biji bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Pada waktu hamil kadar kolesterol cenderung meningkat dan membahayakan kesehatan ibu hamil. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah jambu biji akan membantu mengikat kolesterol dan mendorongnya keluar.

Seperti buah-buahan pada umumnya, jambu biji juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit dan wasir pada ibu hamil.

Sedangkan kalium yang terdapat pada jambu biji bermanfaat untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil.

Kandungan Tannin berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, menangkal infeksi virus dan melancarkan sistem sirkulasi darah pada ibu hamil. Jika aliran darah lancar maka pasokan oksigen dan nutrisi untuk bayi akan tercukupi dengan baik.

Mengkonsumsi jus jambu biji bermanfaat untuk mencegah stres pada ibu hamil. Hal ini karena jambu biji memiliki kandungan magnesium yang memberi efek tenang terhadap otot dan saraf. Jambu biji juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf janin di dalam kandungan. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan bayi terlahir cacat atau prematur.

Kandungan vitamin C jambu biji bermanfaat sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit selama hamil. Diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat untuk menjaga janin serta sang ibu agar tidak mudah sakit.

Kandungan likopen pada jambu biji berkhasiat sebagai anti kanker. Dengan mengkonsumsi jambu biji secara rutin selama hamil maka akan menghambat pertumbuhan sel kanker yang berbahaya.

Penulis: Anam

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.