Pamekasan, (Media Madura) – Salah satu kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yakni Kecamatan Pegantenan rupanya menjadi salah satu penghasil durian terbaik se-Jawa Timur.

Di kecamatan ini terdapat 13 desa yang seluruhnya merupakan penghasil durian. Yakni Desa Ambender, Desa Bulangan Barat, Desa Bulangan Branta, Bulangan Haji, Desa Bulangan Timur, Desa Palesanggar, Desa Pasanggar, Desa Pegantenan, Desa Plakpak, Desa Tanjung, Desa Tebul Barat, Desa Tebul Timur dan Desa Tlagah. Di Kabupaten Pamekasan sendiri terdiri dari 13 Kecamatan.

Salah satu warga Desa Bulangan Barat, Makmun menuturkan, hampir seluruh warga di desanya menanam pohon durian, baik di pekarangan rumah maupun di sawah. Dan merupakan jenis durian terbaik di Jawa Timur.

Bahkan, kata dia, durian telah menjadi sumber utama mata pencaharian warga desa setempat selain padi. Selain harganya mahal, durian merupakan buah yang sangat mudah dijual bahkan pembeli mencari langsung ke desa-desa di Kecamatan Pegantenan.

“Hampir semua warga di sini menanam durian, bahkan hasil dari durian dalam satu musim, warga bisa umroh sekeluarga jika panennya bagus,” katanya kepada mediamadura.com.

Makmun yang juga merupakan petani pohon dengan buah dan baunya yang menyengat ini menguraikan, dalam satu tahun warga bisa panen dua kali.

“Tetapi durian dengan kualitas terbaik jika dipanen pada musim kemarau, kalau sudah musim hujan durian kualitasnya menurun,” jelasnya.

Panen durian, kata dia, berbeda dengan buah lainnya, sebab buah yang rasanya khas ini tidak bisa dipetik dari pohonnya, tetapi harus ditunggu hingga jatuh.

“Kalau durian dipetik dari pohonnya rasanya berubah mas, karena belum matang. Jadi durian itu harus ditunggu hingga jatuh dari pohonnya,” ulasnya.

Petani durian lainnya, Buhari menjelaskan, dalam satu pohon, petani bisa menghasilkan 2000 buah dalam sekali panen. Tetapi jumlah itu bisa bertambah jika cuaca membaik dan tidak turun hujan.

“Ya kalau pas musim hujan dan cuacanya kurang bagus, ya petani maksimal dapat 1500 buah dari satu pohon,” katanya.

Dikatakan, harga satu buah durian bisa mencapai Rp 50 ribu dengan kualitas terbaik, sementara durian dengan kualitas nomor dua seharga Rp 25 ribu.

“Itu juga tergantung dari besar dan kecilnya buah dan juga jenisnya, kalau yang kualitas paling bagus ya mahal,” timpalnya.

Penulis : Arif
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.