Pamekasan, (Media Madura) – Peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa tanpa cukai di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, marak beredar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Bambang Edy Suprapto mengatakan, akhir-akhir ini kian memprihatinkan. Para pedagang tidak mau tahu apakah rokok yang dijualnya tersebut memiliki izin edar atau tidak.

“Rokok tanpa cukai tersebut banyak beredar di wilayah pantura. Seperti Kecamatan Waru, Pasean dan Kecamatan Batumarmar,” katanya, Rabu (17/1/2018).

Dirinya mengetahui perihal tersebut beredar luas, setelah membeli rokok untuk dijadikan sampel atau bukti. Kemudian kami sampaikan ke bea cukai.

“Kami memantau di toko-toko apakah ada rokok ilegal atau tidak, ternyata memang ada,” tanbah Bambang.

Pihaknya dalam waktu dekat kembali akan melakukan pemantauan beredarnya rokok yang tidak memiliki izin edar tersebut. Karena selama tahun 2018 ini belum ada pemantauan lanjutan terhadap toko yang tahun 2017 ditemukan menjual rokok ilegal.

“Nanti ada petugas yang datang ke perusahaan itu untuk memberikan pembinaan. Jika masih tetap, bisa masuk pidana,” tegas Bambang.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.