DPRD Sampang Nilai Proyek PJU Sebesar Rp 1,3 Miliar Terlalu Besar

PJU di kawasan Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Sampang. (Ryan Hariyanto/MM).
Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Ketua Komisi I DPRD Sampang Aulia Rahman, menilai anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan dan perawatan penerangan jalan umum (PJU) tahun 2017 terlalu besar yakni mencapai Rp 1,3 miliar. Pasalnya, anggaran tersebut tidak menyentuh ke semua wilayah hanya menjangkau di beberapa kecamatan.

“Seharusnya disesuaikan dengan realisasi anggaran tahun sebelumnya agar program tidak mudah dalam perencanaan, tapi sulit dalam pelaksanaan,” katanya, Minggu (17/12/2017).

Dana Rp 1,3 miliar itu digelontorkan Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang untuk pengadaan dan perawatan PJU 2017 di empat Kecamatan, diantaranya Kecamatan Sampang, Pangarengan, Tambelangan, dan Sreseh.

Bukan tanpa alasan jika legislatif menilai alokasi anggaran PJU sangat besar. Bahkan, di tahun 2015 dan 2016, anggaran untuk PJU tidak terserap sekitar Rp 400 juta.

“Selama ini pengadaan PJU belum menyentuh semua wilayah dan perawatan kurang maksimal, apalagi banyak wilayah yang belum dipasangi PJU dan Dishub juga kurang tanggap memperbaiki PJU rusak,” ungkap Aulia.

Sementara itu, Kasi Teknik Sarana dan Prasarana (TSP) Jalan Dishub Sampang Syahroni, menuturkan anggaran PJU sudah digunakan sebagaimana mestinya. Saat ini pemasangan PJU di sejumlah kecamatan tengah berjalan. Pihaknya berkoordinasi dengan PLN Rayon Sampang untuk memasang instalasi jaringan listrik khusus PJU.

”Kami optimistis pengadaan PJU rampung sebelum akhir tahun, semoga PJU tidak cepat rusak, kami tidak tahu apa yang akan terjadi nanti, misalnya tiang PJU ditabrak kendaraan ataupun kejadian lainnya,” jelasnya.

Syahroni membantah anggaran PJU dinilai terlalu besar. Menurut dia, jika dana yang dialokasikan lebih kecil daripada tahun sebelumnya, khawatir mengalami defisit anggaran untuk PJU. Karena itu, anggaran pengadaan PJU dinaikkan. Anggaran tersebut digunakan untuk biaya perawatan dan operasional PJU selama setahun.

“Peningkatan PJU butuh dana besar. Kami ingin semua wilayah di Sampang terpasang PJU,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.