Bukti pencatutan nama dukungan bakal calon independen. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, memverifikasi dukungan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) pada Riko Sebastian Ariesta dan Moh Wasil, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati lewat jalur perseorangan.

Selanjutnya, pada tanggal 12 Desember 2017 mendatang langkah verifikasi faktual dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebelum disahkan memenuhi syarat pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sampang 2018.

Namun sepanjang proses verifikasi ini ditemukan banyak pencatutan nama pendukung. Salah satunya adalah nama Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif dan Komisioner Miftahur Rozaq yang dicatut namanya dalam berkas dukungan calon independen.

Lebih mencengangkan lagi terdapat nama anggota DPRD Sampang asal Dusun Torjun Kecamatan Torjun yaitu Aulia Rahman dan Abdussalam asal Dusun Ketapang Barat, Kecamatan Ketapang.

Temuan pencatutan nama itu atas beredarnya hardcopy model B-1-KWK Perseorangan di sejumlah media sosial sejak Senin (4/12/2017) malam.

Untuk nama Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif ditemukan di berkas dukungan bakal calon independen di Desa Sogian Kecamatan Omben.

Sedangkan nama Komisioner KPU Sampang Miftahur Rozaq ditemukan dalam berkas dukungan Riko dan Wasil bakal calon independen di Kelurahan Pangongsean, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang.

“Itu pelanggaran tanpa konfirmasi langsung, nama saya kok dicatut, saya akan klarifikasi kepada yang bersangkutan,” kata Komisioner KPU Sampang Miftahur Rozaq di balik pesan singkatnya, Selasa (5/12/2017) pagi.

Sementara ditegaskan Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, adanya pencatutan nama itu membuktikan bahwa dukungan e-KTP bagi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut sudah tidak memenuhi syarat.

“Berarti tidak memenuhi syarat, tapi kenapa kok bisa beredar luas ya data itu,” terang Syamsul dihubungi mediamadura.com

Kendati demikian, Syamsul mengaku tidak pernah mungkin mendukung calon independen. Bahkan saat ini pihaknya masih akan menelusuri beredarnya hardcopy dukungan perseorangan tersebut.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.