27.3 C
Madura
Sabtu, April 20, 2024

Babinsa Larangan Bantu Warga Buka Lahan Pertanian

Must read

- Advertisement -

Pamekasan – Dalam rangka mendukung dan menyusekseskan program pemerintah dalam swasembada pangan, Babinsa Desa Larangan Dalam Koramil 0826/05 Larangan Serda Musa Hidayat melaksanakan pendampingan dalam kegiatan pertanian membantu membuka lahan dengan mencangkul di ladang milik ustadz Ashari, 45 tahun bertempat di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan.

Upaya Khusus Swasembada Pangan sudah menjadi tugas Aparat Komando Kewilayahan, Babinsa memiliki tugas menggerakkan dan memotivasi petani untuk tanam serentak, perbaikan dan pemeliharaan jaringan irigasi, gerakan pengendalian OPT, dan panen.

Babinsa juga harus mendukung pula dalam keadaan tertentu, misalnya penyaluran benih, pupuk, dan alsintan tepat sasaran serta melaporkan infrastruktur jaringan irigasi.

Di lapangan, kehadiran Babinsa dalam program pangan akan menjadi motivator dan pendorong bagi petani dan kelompok tani, lebih dari itu, kehadiran Babinsa juga menjadi pemicu serta pemacu bagi para penyuluh dan petugas pertanian di lapangan.

Menurut Serda Musa Hidayat, demi membantu petani di wilayah binaannya, babinsa harus rela dan siap melakukan apa saja demi suksesnya program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Seperti yang kami lakukan hari ini, kami membantu menyiapkan lahan pertanian seluas 0.5 hektar dengan menggunakan alat tradisional cangkul, untuk ditanami jagung.

Danramil 0826/05 Larangan, Kapten Inf Yainaroh mengatakan, dalam mensukseskan program Swasembada Pangan terus menerus ditingkatkan dengan mengoptimalkan peran Babinsa. Kegiatan penyiapan lahan pertanian yang dilakukan oleh babinsanya merupakan bentuk dukungan Koramil 0826/05 Larangan dalam mendukung Program Pemerintah.

“Turunnya Babinsa diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas dalam program upsus swasembada pangan,” jelas Danramil.

Rilis

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article