Rabu, Oktober 5, 2022

Babinsa di Pamekasan Ikut Memonitor Anggaran Dana Desa

Must read

- Advertisement -

Pamekasan – Danramil 0826/06 Pademawu Kapten Inf Bambang Riyanto menghadiri undangan kegiatan monitoring dan evaluasi penggunaan Anggaran Dana Desa dalam pembangunan desa bertempat di Desa Padelegan Kecamatan Pademawu. Kamis ( 23/11/17 )

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Anggaran Dana Desa dihadiri Fathor Rahman Camat Pademawu, Kapten Inf Bambang Riyanto Danramil 06/Pademawu, Aiptu Amin Polsek Pademawu, Hermawan Staf Pemerintahan Kecamatan Pademawu, H. Ibnu Hajar Kades Padelegan, Serka Ach. Gufron. Babinsa, Brigadir Fathor Babinkamtibmas, Jakfar Sekdes, Staf Kecamatan 5 orang, Pamong 6 orang dan Staf desa 6 orang

Dana Desa (DD) merupakan pendapatan utama. DD dapat digunakan untuk membiayai program dan kegiatan prioritas yang telah disepakati dan ditetapkan di dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) setiap tahun.

Penggunaan DD secara swakelola atau padat karya adalah untuk penyerapan tenaga kerja di Desa, khususnya warga miskin, serta penyediaan sarana dan prasarana dasar Desa, seperti jalan lingkungan, jalan usaha tani, jembatan dan saluran irigasi.

Prioritas penggunaan DD setiap tahun diatur dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Dalam kegiatan monitoring dan evaluasi penggunaan anggaran dana desa tersebut, Forkopimka Kecamatan Pademawu memberikan pembinaan dan pengarahan terkait serapan dana desa dari APBDes kepada Kades dan seluruh perangkat desa agar betul – betul dilaksanakan/dikerjakan dengan baik, jangan sampai tidak tepat sasaran atau disalah gunakan.

Sehubungan dengan hal itu, Danramil 0826/06 Pademawu Kapten Inf Bambang Riyanto menghimbau, mari kita kerjasama untuk saling menjaga.

“Kepada kepala desa untuk tidak menyelewengkan anggaran dana desa, sebab sebenarnya akan menguntungkan pihak kepala desa jika tidak ada penyelewengan dana desa,” pinta Danramil

Jika anggaran dana desa dipergunakan sesuai prosedur mengapa harus takut, dengan kerjasama yang baik, gunakanlah dana desa dengan baik dan benar, sesuaikan prosedur yang ada dan dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Rilis

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article