Bangkalan, (Media Madura) – Dukungan pada Hasani Zubair sebagai calon bupati di Pilkada Bangkalan terus bergulir. Hingga saat ini sudah enam kecamatan menggelar deklarasi. Deklarasi terbaru digelar Forum Masyarakat Geger, Rabu, 22 November 2017.

Deklarasi digelar di Desa Kombengan. Haji Soleh jadi tuan rumah. Sekitar 100-an orang hadiri deklarasi. Mereka kumpul dalam langgar kayu. Di dinding terpampang baleho besar bergambar Ra Hasani.

Warga yang hadir merupakan tokoh lintas desa di Kecamatan Geger. Dari Banyuneng, Gumpol Hingga Kampak. Ada tokoh masyarakat, tokoh agama, blateran dan aktivis kepemudaan. Kiai yang datang diantaranya KH Aziz, KH Mahrus dan KH Soleh pengasuh madrasah Nurus Sholeh. Tidak hanya lelaki, sejumlah perempuan juga hadir. Mereka perwakilan Muslimat NU Geger.

Haji Soleh mengatakan sengaja membatasi peserta deklarasi, sebab bila tak dibatasi yang hadir bisa mencapai 300 orang. Dia mengatakan tujuan utama deklarasi adalah untuk menyolidkan para pendukung Ra Hasani.

Juga agar dilihat partai politik bahwa Ra Hasani punya jaringan yang kuat dan solid sehingga layak dicalonkan sebagai calon bupati. “Kami siap memenangkan,” kata dia.

Pengamat politik Univeristas Negeri Surabaya, Awang Dharmawan menilai deklarasi kelompok masyarakat kepada Ra Hasani merupakan dukungan politik yang mengandung pesan bahwa publik menginginkan perubahan.

“Sebagian besar publik jenuh pada rezim Bani Fuad yang sudah memimpin Bangkalan selama 15 tahun,” kata dia.

Makna lainnya, Awang melanjutkan, Deklarasi mendukung Ra Hasani menjadi tanda bahwa masyarakat Bangkalan mulai berani menunjukkan dukungan politik selain kepada Bani Fuad. “Rasa ketidakpuasan disalurkan kepada pilihan-pilihan alternatif termasuk ke Ra Hasani,” ungkap dia.

Penulis : Mukmin Faisal
Editor : Arif

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.