Pamekasan – Babinsa Desa Sana Laok Koramil 0826/10 Waru Serda Puji Winarno melaksanakan pendampingan kepada petani dalam kegiatan pembersihan gulma atau rumput di lahan jagung yang masih berusia 3 minggu, seluas 1,5 Ha di lahan milik Ali Makki (43) di Dusun Rampak Desa Sana Laok Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, Sabtu (11/11/17) pagi.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Puji Winarno membantu petani membersihkan rumput pengganggu tanaman jagung agar bisa tumbuh optimal salah satunya adalah de­ngan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu lainnya.

Tidak canggung anggota TNI ini mencangkul dan membersihkan rumput dengan fasil menggunakan alat pertanian tradisional tersebut.

Dikatakan, tanaman pengganggu yang tumbuh di antara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.

Bagi petani dengan adanya Babinsa yang sering melaksanakan pendampingan walau hanya secara orang perora­ngan namun dampaknya akan lebih baik bagi petani, pasalnya bisa lebih leluasa untuk saling tukar informasi tentang pertanian khususnya jagung.

Rilis

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.