APBD Sumenep 2018 Disahkan, Nilainya Fantastis

Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tahun 2018 resmi disahkan melalui Sidang Paripurna DPRD setempat.

Ini menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya APBD Sumenep ditetapkan jauh mendahului deadline. Batas akhir masih tanggal 30 November, namun sudah disahkan tanggal 31 Oktober 2017.

Istimewanya lagi, adalah kekuatan APBD 2018 yang sudah disepakati ekskutif dan legislati, di mana nilai belanja mencapai Rp 2 triliun 218 miliar, dengan pendapatan Rp 2 triliun 90 miliar.

Nilai APBD tahun ini terbilang fantastis. Sebab, mengalami kenaikan lumayan signifikan dari tahun 2017. Besarnya kekuatan APBD tahun lalu sebesar Rp 2,1 triliun. 

“Pengesahan APBD pada 31 Oktober merupakan kado Hari Jadi untuk masyarakat, karena bisa selesai satu bulan lebih awal dari deadline terakhir yang ditentukan,” ujar Wakil Ketua DPRD Sumenep, Mohamad Hanafi, Rabu (1/11/2017).

Menurutnya, pembahasan APBD sebelumnya kerap molor, bahkan melampaui deadline yang ditentukan hingga berdampak pada tersendatnya pencairan hak keuangan bpati, wakil bupati, dan anggota dewan.

“Harapannya, ditetapkannya APBD lebih cepat harus diimbangi dengan percepatan pembangunan. Sejumlah program kegiatan diharapkan direalisasikan di awal tahun,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menyatakan, penetapan APBD di 31 Oktober patut diapresiasi. Sebab Sumenep menjadi satu-satunya daerah yang telah menyelesaikan pembahasan anggaran.

“Ditetapkannya APBD di akhir Oktober, maka pelaksanaan program pembangunan dipastikan mulai direalisasikan awal tahun 2018 nanti,” katanya singkat. 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.