Bupati Sampang Fadhilah Budiono bersama petani Kecamatan Kedungdung dalam panen raya bawang merah, (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Petani bawang merah di Desa Moktesareh, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, sedang panen raya bawang merah. Mereka berkeinginan untuk memperluas sentral tanam bawang merah.

Dalam panen raya pada Jumat (27/10/2017) kemarin, dihadiri langsung Bupati Sampang Fadhilah Budiono dan Kepala Dinas Pertanian Hary Soeyanto. Petani di desa itu juga bekerjasama dengan Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Sampang.

“Panen bawang ini ke depan ingin terus dikembangkan dan tahun ini hasil panen kualitasnya bagus,” terang Alan Kaisan pembina Kelompok Tani di Kedungdung, Sabtu (28/10/2017).

Alan sekaligus Sekretaris DPC HKTI Sampang itu mengatakan, target lainnya adalah memperluas sentral tanam bawang merah di Kabupaten Sampang. Mengingat, selama ini hanya dua wilayah yakni Kecamatan Karang Penang dan Sokobanah.

Bawang merah itu, lanjut Alan, sebagian dijual ke pasar dan sebagian lagi untuk bibit. Dengan demikian, diharapkan harga komoditas unggulan tersebut sesuai harapan petani.

“Kecamatan Kedungdung inilah ingin menjadi sentral bawang merah terutama bibit, sehingga nantinya bisa mendongkrak laju perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.