Dua Parpol Baru di Sampang Terancam Tak Ikut Pemilu 2019

Ilustrasi

Sampang, (Media Madura) – Sedikitnya ada dua partai politik (parpol) baru di Sampang, Madura, Jawa Timur, terancam tidak akan menjadi calon peserta Pemilu 2019 mendatang. Dua parpol itu yakni Partai Islam Damai dan Aman (Idaman), dan Partai Rakyat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang Syamsul Muarif, mengatakan dua parpol itu karena tidak menyerahkan dokumen persyaratan peserta pemilu saat pendaftaran parpol peserta pemilu hingga batas akhir yang telah ditentukan penyelenggara pemilu.

“Kami sampai saat ini belum menerima berkas pendaftaran dari partai idaman dan partai rakyat, jadi ada dua dari 18 parpol di Sampang tidak menyerahkan berkas persyaratan pemilu 2019 ke KPU,” kata Syamsul, Selasa (24/10/2017).

Menurutnya, pihaknya sudah mencoba berkomunikasi dengan dua parpol tersebut melalui telepon. Namun hingga saat ini tidak ada konsultasi. Padahal untuk daerah lainnya sudah menyerahkan berkas pendaftaran parpol peserta pemilu.

Kendati demikian, KPU Sampang tidak mempunyai wewenang memutuskan parpol ikut atau tidak menjadi peserta pemilu 2019. Sebab, keputusan mutlak menjadi ranah KPU Pusat.

Sesuai aturan, pendaftaran parpol peserta pemilu dinyatakan lengkap syarat keanggotaannya terpenuhi baik di tingkat provinsi, kota/kabupaten, dan kecamatan.

“Parpol peserta pemilu harus memiliki kepengurusan 75 persen di seluruh provinsi, kota/kabupaten, dan 50 persen di kecamatan,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, KPU Sampang saat ini tengah melakukan penelitian berkas administrasi parpol hingga 15 November 2017 mendatang. Kemudian tanggal 18 November hingga 1 Desember 2017, merupakan waktu bagi pengurus parpol untuk memperbaiki dokumen jika diketahui ada kesalahan dan kekurangan.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.