Selasa, Oktober 4, 2022

Dua Parpol di Sampang ‘Ogah’ Dana Banpol

Must read

- Advertisement -

Sampang, (Media Madura) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mencatat dua dari 11 partai politik di Sampang belum mengajukan pencairan dana bantuan partai politik (banpol). Diantaranya, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kepala Bakesbangpol Sampang Rudi Setiadhy, melalui Kabid Hubungan Antar Lembaga Abd Aziz mengatakan, hingga saat ini dua parpol itu belum mengajukan pencairan dana banpol sehingga anggaran tersebut masih ngendap di Kas Daerah (Kasda) meski sudah menjelang tutup tahun anggaran 2017. Dana banpol itu sebesar Rp 170 juta dari total Rp 1,3 miliar yang bersumber APBD Sampang. Terdiri, Partai Hanura Rp 105 juta dan PDIP Rp 65 juta.

“Sampai bulan Oktober ini dua parpol belum mengajukan pencairan, dana itu masih ngendap di Kasda,” ucap Aziz, Senin (23/10/2017).

Aziz menuturkan, pihaknya memberikan batas waktu pencairan dana banpol hingga Desember mendatang. Jika melewati maka dana tersebut hangus. Selain itu, dana banpol diperuntukkan khusus pendidikan politik umum maupun internal, pengadaan sarana dan prasarana. Besaran dana banpol disesuaikan dengan perolehan suara partai.

Proses pencairan sesuai aturan dan ketentuan berlaku, persyaratan berdasarkan Undang-Undang nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik, serta Peraturan Pemerintah nomor 83 tahun 2012 tentang bantuan keuangan kepada partai politik.

“Pengajuan dana banpol ini diajukan ke bupati, kemudian diverifikasi oleh tim untuk diajukan ke Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAP), nanti bisa dicairkan langsung melalui rekening parpol,” terangnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article