Hosan, Ketua Panwaskab

Sumenep, (Media Madura) – Pasca  pengumuman hasil test tulis rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim, kini terdengar isu booking kecamatan antar anggota komisioner Panwaskab.

Kabar booking kecamatan tersebut disampaikan Ketua IKA UINSA Koorda Sumenep, Hambali Rasidi dalam jumpa pers dengan sejumlah wartawan, Rabu (17/10/2017).

Kata dia, booking Kecamatan adalah diantara komisioner saling bersepakat untuk mengisi penuh orang-orang pilihannya di kecamatan tertentu. 

Isu booking atau borong kecamatan, terang Hambali, sudah santer terdengar, meski saat ini masih tahapan enam besar yang lolos.

“Saya dengar kabar di Kecamatan Gili Genting dan Bluto, disepakati akan diiisi penuh orangnya Hosnan (Ketua Panwaskab),” umgkapnya.

“Begitu juga di Kecamatan Gayam, saya juga dengar sudah disepakati akan diisi full orangnya Wahyu (Komisioner lain),” terang Hambali yang mengaku banyak menerima pengaduan pasca pengumuman hasil tes tulis.

Ia menjelaskan, Kecamatan Gili Genting dan Bluto menjadi pilihan bookingan Hosnan karena dia kelahiran Gili Genting dan kawin ke Bluto. Sedangkan Wahyu, memiliki istri asal Kecamatan Gayam.

“Ini isu yang saya dengar. Semoga kabar ini salah yang dibuktikan dengan hasil pengumuman tiga besar bukan orang-orang yang ramai dibicarakan untuk lolos,” tambahnya.

Dikatakan Hambali, isu booking atau borong kecamatan sudah banyak orang dengar. Sehingga pihaknya merasa risih karena dinilai terlalu fulgar dalam transaksional. Indikatornya ia tunjukkan sejumlah nama-nama  yang bakal lolos sebagai tiga anggota Panwascam.

“Saya disodori banyak nama yang bakal lolos sebagai anggota Panwascam. Termasuk yang di Kecamatan Gili Genting dan kecamatan lainnya,” ungkapnya. 

“Semoga nama-nama yang beredar ini tidak benar. Kalau nama-nama yang beredar benar lolos di tiga besar, lantas saya harus ngomong apa? Apakah saya harus katakan Rekrutmen Panwascam Sumenep transparan dan jurdil, gitu?,” sambungnya lagi.

Berikut nama-nama yang diprediksi bakal lolos sebagai anggota Panwascam dari hasil temuan IKA UINSA. Kecamatan Bluto isial FD dan WL, Batu Putih EO, RN dan SI, Dungkek AF dan AD, Ganding AN dan AT, Guluk Guluk MD dan SE, Kota KD dan SN, serta Kecamatan Gili Genting AZ, AR dan SD. 

Untuk Kecamatan Lenteng yang diduga bakal lolos peserta AF dan AH, Saronggi TM, Pragaan EM dan MH, Manding SM, Nonggunong PW, Gayam ZA, Dasuk

MR, RE dan HS, Ambunten AG, SY dan MH, Kecamatan Pasongsongan inisial AM.

Namun demikian, Ketua Panwaskab Sumenep, Hosnan Hermawan membantah isu yang dilontarkan oleh Hambali Rasidi tersebut.

Katanya, hasil test tulis peserta rekrutmen Panwascam kemarin sudah dilakukan semaksimal mungkin dan sesuai dengan hasil tes calon peserta.

“Yang beredar diluar itu kan hanya isu, peserta yang lolos itu sudah sesuai dengan hasil tes,” jawabnya.

Lebih lanjut Hosan bilang, dari enam peserta yang dinyatakan lulus dimasing-masing kecamatan tidak ada satupun titipan dari pihak manapun, itu murni dari hasil tes tulis peserta beberapa waktu lalu.

“Hanya hasil tes tulis itu yang menjadi barometer kami. Ya dipersilahkan kaji ulang yang masuk enam besar dimasing-masing kecamatan. Kami tiga komisioner tidak pernah berstatmen seperti itu (ada yang dijamin lolos),” tukasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.