Ilustrasi

Pamekasan, (Media Madura) – Sebanyak 19 partai politik (Parpol) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyerahkan berkas verifikasi keikutsertaan sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang ke KPU setempat, 4 diantaranya dipastikan tidak lolos.

Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah mengatakan, 4 parpol yang dipastikan tidak lolos di Kabupaten Gerbang Salam itu, yakni Partai Suara Indonesia (Parsindo) dan Partai Indonesia Kerja (PIK). Padahal, dua partai tersebut terdata di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dua lainnya partai Idaman dan Partai Republik.

“Data di Sipol ada 21 parpol yang terdata, tapi 19 yang mendaftar tapi yang lolos ada 17, berarti ada empat yang tak mendaftar hingga batas akhir tanggal 16 Oktober kemarin,” katanya, Rabu (18/10/2017).

Dimungkinkan tambah Hamzah, dua parpol tersebut tidak ada pengurusnya sehingga tidak ada yang mendaftarkannya.

“Kemungkinan untuk wilayah Pamekasan tidak ada pengurusnya, sehingga tidak ada yang mendaftar ke KPU, Partai Idaman dan Partai Republik tidak memenuhi syarat, meski beberapa kali pengurusnya bolak-balik ke KPU,” tambahnya.

Sementara di Pamekasan ada 19 parpol yang sudah menyerahkan berkas sebagai persyaratan verifikasi, ada 7 parpol baru, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Republik (tidak memenuhi syarat), Partai Idaman (tidak memenuhi syarat), Partai Persatuan Indonesia, dan Partai Rakyat.

Sedangkan 12 partai lainya, merupakan partai lama dan pernah ikut pemilu pada tahun 2014. Antara lain, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Selain itu, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.