Pesawat Kepresidenan Landas di Bandara Trunojoyo Sumenep Minggu (8/10/2017) pagi.

Sumenep, (Media Madura) – Kehadiran Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur begitu menyita perhatian publik, tidak hanya masyarakat Sumenep, tapi Madura secara umum.

Jokowi tiba di Bandara Trunojoyo Sumenep, sekitar pukul 09.00 WIB, Minggu (8/10/2017). Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta menuju Bandara Juanda di Sidoarjo.

Lalu dari Bandara Juanda, Presiden Jokowi kembali menggunakan pesawat CN 295 menuju Bandara Trunojoyo Sumenep, bersama Gubernur Soekarwo, Jubir Presiden Johan Budi Sapto Pribowo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Meski bukan pesawat kepresidenan khusus yang membawa Presiden ke Sumenep, momentum ini tetap tercatat peristiwa bersejarah, setidaknya untuk Bandara Trunojoyo. Bahwa, Jokowi adalah Presiden pertama yang landas di bandara tersebut.

Seperti diketahui, Bandara Trunojoyo Sumenep mulai beroperasi pada tanggal 30 pada 30 November 2010. Bandara satu-satunya di Madura ini awalnya hanya digunakan untuk sekolah penerbangan dan penerbangan perintis.

Namun pada tanggal 27 September 2017 Bandara Trunojoyo membuka jalur penerbangan komersial. Rute jalur penerbangan perdana adalah Sumenep-Surabaya  dan sebaliknya dengan menggunakan ATR-72-600.

Saat ini, Bandara trunojoyo Sumenep memiliki landaran pacu 1600 meter x 30 meter dan dua apron. Untuk apron I seluas 40 meter x 40 meter. Lalu, apron II dengan luas 75 meter x 80 meter. Sementara itu, gedung terminal seluas 12 meter x 11 meter dan gedung operasional seluas 144 meter persegi.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan