Pamekasan, (Media Madura) – Babinsa Desa Dempo Timur Koramil 0826/13 Pasean Sersan Dua Subairi melaksanakan kegiatan pendampingan membantu Ibu Maryam, 41 th, panen kacang hijau di Dusun Beruh Desa Dempo Timur Kec. Pasean

Memasuki musim kemarau petani di wilayah Kecamatan Pasean sebagian petani banyak yang beralih menanam kacang hijau.

“Kegiatan penanaman kacang hijau dikerjakan mulai dari penyiapan lahan, penanaman sampai dengan panen kurang lebih 3 bulan,” tutur Serda Subairi

Teknis penanaman kacang hijau ini, lanjutnya hanya sekali memerlukan air, pada saat awal penanaman sampai menunggu masa panen. Sehabis itu hanya penyemprotan daun agar terhindar dari serangan hama.

‎Setelah berumur tiga bulan, kacang hijau siap dipanen, setelah dipanen, kacang hijau lalu di jemur beberapa jam, sudah kering dengan cara manual petani memukul kulit kacang hijau yang masih berkulit hingga kacang terlepas dari kulit.

“Kalau sudah terlepas dari kulitnya, kacang sudah siap untuk di jual dipasaran. Babinsa berharap, harga kacang hijau disaat panen panen kali ini bisa tinggi, petani agar dapat untung yang lumayan,” ujarnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan