Pamekasan, (Media Madura) – Realisasi penen tenbakau rakyat Madura, di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur masih dikisaran 45 persen.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pamekasan, Isye Windarti, luas areal lahan tembakau madura di Pamekasan pada musim tanam kali ini sebanyak 23.690 hektare sebanyak 11.485 hektare sudah dipanen.

“Ada sebanyak 11.485 hentare lahan tembakau madura yang sat ini telah dipanen, artinya hingga saat ini mencapai 45 persen,” katanya, Kamis (31/8/2017).

Isye mengakui, diperkirakan akhir masa panen tembakau petani terjadi hingga akhir bulan September, sebab pada musim tanam tembakau kali ini lambat, karena di awal musim sering turun hujan, sehingga waktu panen juga lambat.

“Kami memperkirakaan puncak panen tembakau madura di Pamekasan ini pada pertengahan hingga akhir September 2017,” tambahnya.

Pada musim panen tembakau kali ini, gabungan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan telah membentuk tim khusus tata niaga tembakau untuk melakukan pemantauan, mulai awal panen, hingga musim panen tembakau selesai.

Tim gabungan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pamekasan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Perekonomian, Satuan Polisi Pamong Praja, perwakilan DPRD dan perwakilan Komisi Urusan Tembakau Pamekasan.

Reporter: Rifqi
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan