Sampang, 9/8 (Media Madura) – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Syamsuri menyatakan ada empat orang dari 551 calon haji (Calhaj) yang dipastikan akan berangkat tahun 2017 belum mendapatkan visa, dikhawatirkan mereka gagal berangkat.

“Setelah kita cek di Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) ada 4 orang yang belum terdeteksi,” ucap Syamsuri, Rabu (9/8/2017).

Dia mengaku belum mengetahui pasti penyebab empat Calhaj Sampang belum mengantongi visa. Padahal, segala persyaratan administrasi untuk mendapatkan visa telah disetorkan melalui Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag Jawa Timur. 

Untuk itu, lanjut Syamsuri, pihaknya terus berkomunikasi dengan Kantor Wilayah Kemenag Jatim. Namun, Kemenag Sampang optimis pada H-2 pemberangkatan sudah bisa terselesaikan.

“Karena yang menerbitkan visa haji itu langsung dari pemerintah Arab Saudi,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, 551 Calhaj Sampang yang akan berangkat tahun ini terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 57 dan 58. Mereka akan diberangkatkan ke asrama haji Surabaya pada tanggal 15 dan 16 Agustus.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan