Sampang, 4/8 (Media Madura) – Dinas Perikanan Kabupaten Sampang meminta Menteri Perikanan Dan Kelautan Susi Pujdiastuti mempertimbangkan wacana pencabutan subsidi solar yang rencananya dilaksanakan tahun 2018 mendatang.

“Kalau dihapus kurang setuju karena mereka nelayan kecil yang punya perahu kapal dibawah 10 gt,” kata Kepala Dinas Perikanan Eni Maharjuni, Jumat (04/08/2017).

Alasan itu, lanjut Eni, nelayan kecil khususnya di wilayah Kabupaten Sampang masih perlu campur tangan pemerintah setempat agar lebih berdaya dan sejahtera. Untuk itu, jika pengusulan tersebut diterapkan, maka pemerintah pusat harus mengambil kebijakan untuk membantu para nelayan.

“Jika Subsidi Tetap di Cabut oleh Pemerintah pusat, maka saya harap harus ada program kepada nelayan, baik berupa bantuan untuk para petani maupun nelayan,” harapnya

Sementara itu, Penyuluh Perikanan DKPP Sampang, Maulana Zaini berharap agar pengusulan untuk mencabut subsidi solar bagi nelayan, tidak direalisasikan karena bisa menyebabkan nelayan bakal menganggur.

“Dikasih subsidi saja sekarang penghasilannya tak menentu karena faktor cuaca, apalagi sampai subsidi solar dicabut, kalau bisa janganlah, bisa berhenti melaut mereka,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengusulkan untuk mencabut subsidi solar bagi nelayan agar stok solar makin melimpah. Sebab, selama ini nelayan cukup kesulitan mencari bahan bakar untuk perahu dan kapal mereka. Karena sangat percuma jika ada subsidi yang membuat harga solar menjadi lebih murah, tapi sulit dicari.‎

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan