Sumenep, 4/8 (Media Madura) – Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur nampaknya belum benar-benar siap untuk melayani penerbangan komersil. Pasalnya, sejumlah fasilitas dinilai belum mendukung dan memadai.

Di antara yang masih harus disempurnakan yaitu landasan pacu yang masih kurang maksimal, serta beberapa hal lain yang sifatnya non teknis, seperti bisnis plan atau perencanaan bisnis.

“Ya, masih ada perbaikan landas pacu, yang mulai digarap dan ditarget akhir selesai Agustus ini,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo.

Dia mengatakan, agar perbaikan tetap berjalan namun tidak mengganggu aktivitas penerbangan perintis, pengerjaan perbaikan akan dilakukan pada malam hari.

“Karena kami mengupayakan pengerjaan ini tidak mengganggu aktifitas penerbangan perintis maupun pesawat latih,” ungkapnya.

Sebelum ini, pesawat ATR-72 Wings Air milik PT. Wings Abadi telah melakukan penerbangan percobaan sebagai rangkaian kegiatan operasi untuk rencana membuka jalur baru penerbangan komersil di bandara tersebut.

Dalam uji coba itu, pesawat berkapasitas 70 penumpang itu mendarat dan terbang dari Bandara Trunojoyo dengan lancar. Sehingga Bandara Trunojoyo dinilai sudah layak untuk aktivitas penerbangan pesawat ukuran menengah.

“Jadi, secara umum Bandara Trunojoyo sudah sangat layak untuk penerbangan komersil, hanya saja ada beberapa bagian yang memang masih harus disempurnakan,” akunya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan