Sampang, 21/7 (Media Madura) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sampang, Madura, Jawa Timur Zainuddin, mengaku target dalam pencalonan kandidat Pilkada Sampang memilih posisi strategis Calon Bupati alias Sampang 1. Hal itu dirasa ideal dengan kader yang diorbitkan meski partainya punya jatah dua kursi di parlemen DPRD setempat. Jumat (21/7/2017).

“Target di calon Bupati Sampang, tapi kita lihat dulu hasil pertemuan dengan beberapa calon dan parpol pengusung lainnya,” kata Zainuddin.

Dia menuturkan, hingga kini partainya sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan beberapa parpol pengusung menjelang pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Namun, pihaknya menyadari dalam setiap koalisi dan konsolidasi kepartaian, perubahan keputusan merupakan hal yang biasa.

Selain itu, lanjut Zainuddin, DPC NasDem Sampang sudah mendapat mandat dari DPP untuk pengusungan bakal calon yang siap diorbitkan dari Kader partai besutan Surya Poloh tersebut.

Siapa nama calon yang akan dikenalkan, Zainudin mengaku masih belum bisa menyebutkan sosok atau figur itu karena terkendala kelengkapan persyaratan.

Sementara menurut pengamat politik dan hukum di Kabupaten Sampang, Arman Syahputra menilai, partai NasDem yang kerap diterpa konflik internal menjadi nilai negatif untuk dijadikan tandem dalam koalisi jelang pemilukada Sampang nantinya. Alasan itu bukan tanpa sebab, pasalnya elektabilitas NasDem terus mengalami penurunan pasca dua kader terbaiknya, yakni Mohammad Rusli yang diganti Moh Siwan dan Zin Firdaus tersandung kasus.

“Secara otomatis kondisi itu akan sangat mempengaruhi peta kekuatan yang dimiliki oleh NasDem, terlebih satu diantara kader terbaiknya di PAW, nah jelas ada jutaan suara akan menghilang,” ujarnya.

Arman menerangkan, bahwa kondisi diinternal NasDem sontak saja akan berdampak terhadap dua kemungkinan dalam koalisi bakal calon di Pilkada Sampang. NasDem akan dipinang dalam kontek penyempurnaan persyaratan bakal calon, tapi kalau untuk dukungan rasanya parpol lain akan berfikir ulang terkait pinangan nantinya.

“Nilai jual NasDem sudah terbaca sebenarnya oleh parpol lainnya, dan dua kemungkinan ini akan sangat mencolok nantinya saat Pilkada Sampang dimulai,” tambahnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan