Sumenep, 22/6 (Media Madura) – Penderitaan calon penumpang mudik gratis Program Pemprov Jatim di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura terus berlanjut.

Usai terlantar gara-gara penundaan jadwal akibat dari kapal penumpang Express Bahari C9 dalam perbaikan pasca mengalami kandas, kini calon penumpang harus kembali menelan pil pahit.

Pasalnya, pemberangkatan kapal Express Bahari C9 yang direncanakan mengangkut pemudik gratis jalur Kalianget-Kangean pada trip kedua, Rabu (21/6/2017) pukul 15.00 WIB, terpaksa digagalkan karena cuaca buruk.

Alhasil, ratusan calon penumpang tujuan berbagai Kepulauan Sumenep kembali terlantar karena harus menginap di pelabuhan, sambil menunggu cuaca membaik.

“Dalam perjalanan dari Kangean ke Kalianget sudah dihadang cuaca ekstrem. Sehingga kapal tidak berani berangkat lagi,” kata Moch Iksan, Kepala Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Rabu (21/6/2017).

Kata Iksan, para pemudik gratis rencananya akan diberangkatkan pada Kamis (22/6/2017) pukul 05.00 WIB dari Pelabuhan Kalianget. Tapi jika cuaca di lautan membaik.

“Insyaallah pagi ini kapal akan berangkat lagi, untuk hari ini akan ada dua trip di jalur Kalianget-Kangean,” ucapnya.

Untuk diketahui, Kapal Express Bahari 9C mikik PT Sakti Inti Makmur (SIM) yang merupakan pemegang tender mudik gratis Pemprov Jatim, hingga kini baru memberangkat pemudik satu kali, yakni Rabu (21/6/2017) pukul 05.00 WIB dengan 402 penumpang.

Padahal jadwal semula, mudik gratis rute Kalianget-Kangean sebanyak enam kali trip dari Tanggal 19 sampai dengan 24 Juni atau satu trip setiap hari. Namun, jadwal tersebut amburadul akibat ketidaksiapan perusahan dalam mengatisipasi berbagai hambatan seperti kapal pengganti ketika kapal utama tak bisa beroperasi.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan