Sampang, 21/6 (Media Madura) – Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Sampang Syamsuri, mengungkapkan tahun ini Calon Jamaah Haji (CJH) yang sudah mendaftar dan mendapat nomor porsi bisa mengkroscek keberangkatannya melalui sistem online.

“Cek online ini untuk mendapatkan informasi keberangkatan lebih pasti.¬†Berdasarkan nomor porsi haji itu calon jemaah bisa mengecek keberangkatannya sehingga dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang,” ucap Syamsuri, Rabu (21/6/2017).

Menurutnya, nomor porsi merupakan nomor antrean untuk berangkat haji yang didapat ketika jemaah menyetor uang di bank. Perkiraan keberangkatan haji bisa dilakukan via online sehingga tidak menyita waktu.

Caranya, bisa membuka aplikasi playstore di smartphone, cari dan dowload aplikasi “Cek Porsi Haji”. Kemudian anda bisa mendowload dan diinstal. Setelah berhasil, akan ada nomor porsi, masukkan 10 digit nomor porsi Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPIH) dan tekan enter.

“Nanti langsung keluar nama lengkap dengan tahun pemberangkatan haji,” jelasnya.

Kata Syamsuri, aplikasi tersebut merupakan pencanangan Kementerian Agama RI. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat atau CJH mengetahui posisi keberangkatan haji, legalitas pemberangkatan, serta antisipasi terjadinya calo haji bodong yang meresahkan masyarakat.

“Insyaalah untuk tahun ini kalau tidak ada perubahan kelompok terbang (Kloter) haji asal Sampang yaitu kloter 56 dan 57,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan