Sumenep, 12/4 (Media Madura) – Jumlah dokter umum di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada tahun 2017 ini total sebanyak 52 dokter yang tersebar di 30 Puskesmas. 

Namun, menurut Kepala Dinas (Dinkes) Sumenep, dari jumlah tersebut hanya 10 dokter saja yang bertugas di daerah Kepulauan, sementara sisanya bertugas di daerah Daratan. 

“Untuk Puskesmas daratan hampir semua sudah ada dua dokter, bahkan ada yang tiga. Tapi untuk Kepulauan memang hanya ada tiga Puskemas saja yang memiliki dua dokter, selebihnya masih satu,” terang A. Fathoni, Rabu (12/4/2017).

Tiga Puskemas yang sudah punya dua dokter dimaksud, yaitu hanya Arjasa, Masalembu dan Gayam. Sedangkan Puskemas Kangayan, Raas, Nonggunong dan Gili Genting masih satu.

Fathoni mengakui, jumlah dokter yang ada sekarang terbilang tidak ideal, karena jika mengacu pada standart pelayanan, satu dokter minimal menangani 10 ribu masyarakat. 

“Kalau cuma sekedar diagnosa sih cukup, tapi sekarang kan satu dokter bisa menangani sampai 20 ribu masyarakat atau lebih, jadi memang todak ideal,” akunya.

Oleh karena itu, pada tahun berikutnya pihaknya akan mengajukan penambahan dokter, minimal 10 dokter, sehingga untuk semua Puskesmas Kepualauan bisa minimal terdapat dua dokter. 

“Saya berharap dari pusat ada penambahan, dan penabahan ini juga sudah kami ajukan,” tegasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan