Sampang, 12/4 (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemerintah Provinsi Jawa Timur meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) bernama Trunojoyo sebagai media sosialisasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat, Rabu (12/4/2017).

Dalam launching RPP KPU Kabupaten Sampang kali ini mengambil tema fasilitator pendidikan pemilih itu dibuka langsung oleh Komisioner KPU Jawa Timur Arbain.

“Selamat dan sukses diresmikannya RPP Trunojoyo KPU Sampang, semoga hal ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi di wilayah Sampang,” ujar Arbain saat sambutannya, Rabu.

Arbain menuturkan, diresmikannya RPP merupakan rangkaian kegiatan menuju proses penyelenggaraan demokrasi pemilu, serta bisa menambah nuansa pelayanan pemilih dalam menentukan pilihannya sesuai hati nurani.

Selain itu, untuk memenuhi standar rumah pintar, beberapa item harus disediakan. Yakni, ketersedian ruang audio visual, simulasi, display dan forum grup diskusi.

Sementara, Ketua KPU Sampang Syamsul Ma’arif, mengatakan RPP merupakan program KPU Pusat bertujuan salah satu cara meningkatkan partisipasi warga terutama bagi pemilih pemula dengan membuka ruang publik. Sebab, di wilayahnya itu tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu kian tahun terus bertambah.

“Pilkada Sampang di tahun 2012 ada di tingkatan 78 persen, terakhir Pilpres naik menjadi 79.9 persen. Tentu ini tidak lepas dari peran semua masyarakat termasuk komisioner sendiri,” jelasnya.

Syamsul menambahkan, tapi tak hanya sebatas pemilihan berjalan secara prosedural. Melainkan, keinginan lebih menjadi harapan bersama demi menghasilkan pemilih berkualitas yaitu tingkat kepahaman masyarakat kepada Pilkada. Khususnya bagi pemilih pemula yang cerdas dalam menentukan pilihannya.

“Nah selanjutnya bentuk pendekatan masyarakat terhadap pemilu demokrasi jadi prioritas,” tandasnya.

Siswi kelas X SMA Negeri 2 Sampang Durrotol Lailiyah, yang turut hadir peresmian itu mengaku keberadaan RPP bagian dari edukasi dalam memberikan pemahaman terhadap demokrasi yang sebenarnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan