Pamekasan, 6/4 (Media Madura) – Komisi IV DPRD Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar sidak ke sejumlah Puskesmas di wilayah itu. Para wakil rakyat ini dikagetkan dengan penemuan obat kadaluarsa di Puskesmas Galis.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pamekasan, Ismail Bey berkilah jika obat yang ditemukan dalam keadaan kadaluarsa itu memang telah dikumpulkan di gudang Puskesmas dan akan segera ditarik untuk dimusnahkan.

“Obat itu memang ada periodenya, dan yang ditemukan itu kan berada di gudang, nanti kita tarik untuk dimusnahkan,” katanya kepada wartawan, Kamis (6/4/2017) siang.

Dikatakan, pola pendistribusian obat ke Puskesmas sudah berdasarkan aturan yang ditentukan oleh pemerintah pusat sehingga apa bila ada obat yang tidak terpakai dan kadaluarsa nantinya akan ditarik kembali dan dimusnahkan.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Muhammad Sahur mengaku terkejut dengan temuan obat kadaluarsa tersebut dan akan segera memanggil dinas terkait.

Selain itu, kata Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, pihaknya telah membawa obat-obat yang kadaluarsa tersebut untuk dijadikan bukti dan meminta penjelasan kepada dinas kesehatan.

“Kami akan meminta pertanggungjawaban terkait temuan ini kepada dinas terkait,” kata Sahur sapaan akrabnya kepada wartawan.

Bahkan, kata dia, pihaknya juga akan mengumpulkan seluruh Puskesmas termasuk Dinkas untuk membicarakan temuan obat yang sudah kadaluarsa tersebut.

Penulis: Arif
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan