Pamekasan, 29/3 (Media Madura) – Puluhan anggota Kodim 0826 Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengikuti latihan Minggu Militer di lapangan Makodim setempat, Rabu (29/3/2017).

Minggu Militer rutin digelar di akhir bulan Maret. Dengan materi pertolongan pertama di lapangan (Long Malap). Dipimpin langsung, petugas kesehatan dari Pos Kes 05.10.19 Kodim 0826 Pamekasan, Siti Nurul Jannah Amd. Kep dan Slamet Jufriyanto Amd. Kep.

Para anggota, dibekali sejumlah materi macam penanganan korban tenggelam, pemberian napas buatan, dan penanganan korban patah tulang.

Pasi Ops Kodim 0826 Pamekasan, Kapten Inf Yainaroh mengatakan, seluruh prajurit sangat antusias mengikuti materi Long Malap.

“Di mana setiap anggota harus mampu menguasai materi ini. Agar dapat memberikan bantuan dengan cepat dan tepat. Sehingga si korban dapat bertahan sampai ke tempat pertolongan selanjutnya, baik di Puskesmas maupun rumah sakit terdekat,” katanya.

Lebih lanjut, Yainaroh mengungkapkan, kemampuan ini harus benar-benar dimiliki oleh setiap prajurit Kodim 0826 Pamekasan dalam menghadapi dan mendukung tugas-tugas operasi perang maupun tugas kemanusiaan.

“Kamibmengharapkan kepada seluruh anggota dalam melaksanakan kegiatan Minggu Militer ini dapat melaksanakan kegiatan dengan sunguh-sunguh dan penuh semangat serta rasa tanggung jawab sehingga latihan yang kita laksanakan ini dapat bermanfaat,” imbuhnya.

Apalagi materi ini sudah sering dilaksanakan mulai dari lembaga pendidikan hingga sekarang. Sehingga latihan yang kita laksanakan dapat meningkatkan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas pokok satuan kedepan,” pungkasnya.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan