Bangkalan, 28/2 (Media Madura) – Seorang pelajar asal Kabupaten Bangkalan terpaksa diamankan anggota Kodim 0829 Bangkalan, Selasa (28/2/2017) siang. Ia adalah Ilham Fajar Kurniawan.

Saat ditangkap, pukul 14.00 WIB, siswa dari salah satu SMK di Bangkalan itu tertangkap basah mengambil pesanan stiker bergambar palu arit di sebuah percetakan sablon Hikari.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, mengatakan pada pukul 10.00 WIB pihaknya menerima informasi dari masyarakat terkait pelajar yang memesan stiker lambang PKI.

Sehingga pihaknya langsung bergerak mengamankannya. Ia juga telah menginterogasi Ilham dan hanya menemukan barang bukti berupa stiker berlambang PKI.

“Kami menerima informasi ada pemesan stiker bergambar palu arit di percetakan. Kini pelaku sudah diserahkan ke kepolisian,” ujarnya.

Sunardi menceritakan, sebelum penangkapan, tiga anggotanya melakukan pengintaian selama empat jam di sebuah percetakan stiker. Itu guna mengetahui siapa pemesan gambar partai terlarang tersebut.

“Nah, setelah lama ditunggu akhirnya Ilham datang. Karena tak disangka seorang pelajar yang masih lengkap menggunakan seragam sekolah ini memesan stiker PKI,” jelasnya.

Sejauh ini, Kodim 0829/Bangkalan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya laten partai komunis. Termasuk meminta masyarakat melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan gambar-gambar partai terlarang itu.

“Sosialisasi yang kami lakukan diterima dengan baik oleh masyarakat dan hari ini kami menerima laporam terkait pemesanan gambar palu arit itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ilham Fajar Kurniawan mengaku gambar palu arit tersebut merupakan pesanan dari seorang temannya. Dia hanya bertugas memesan di sebuah percetakan.

“Ini pesanan teman pak. Saya tidak tau ini dilarang,” kelitnya dengan wajah ketakutan.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan