Sumenep, 24/2 (Media Madura) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memastikan, kuota haji untuk daerahnya pada tahun 2017 ini akan mengalami kenaikan.

Namun, kenaikan kuota tersebut diprediksi tidak signifikan lantaran kenaikan hanya berkisar 100 orang dibandingkan kuota haji tahun sebelumnya.

“Jadi, jika sebelumnya estimasi calon haji Sumenep sebanyak 386 jamaah, setelah ada penambahan kuota estimasi menjadi sekitar 494 jamaah,” terang Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, A. Rifa’i Hasyim, Jum’at (24/2/2017).

Diterangkannya, sebetulnya pihaknya belum menerima pemberitahuan resmi dari Kanwil Jatim prihal bertambahnya kuota tersebut. Namun pihaknya sudah menyetorkan berkas calon haji yang memang diperkirakan berangkat tahun ini.

“Tetapi dari kuota yang ada, masih mungkin akan berkurang setidaknya 28 orang jamaah calon haji yang mengundurkan diri,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kuota yang masih terbatas, mantan Kasi Pendma itu meminta, khususnya kepada mereka yang sudah masuk daftar agar para calon haji benar-benar memanfaatkan kesempatan untuk berangkat ke Tanah Suci.

“Seperti diketahui bersama, masa tunggu haji saat ini sangat lama, jadi saya berharap para calon haji yang sudah masuk porsi tidak menyia-nyiakan kesempatan menunaikan ibadah haji ini,” harapnya.

Menurut informasi, kepastian bertambahnya kuota haji tahun 2017, setelah adanya keputusan Pemerintah Arab Saudi untuk memulihkan kuota Haji Indonesia dengan memberi tambahan kuota, sehingga total menjadi 221 ribu jamaah.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan