Pamekasan, 21/2 (Media Madura) – Siswa kelas akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) Wachid Hasyim mengikuti simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer, Selasa (21/2/2017).

Dalam simulasi itu, kata operator pelaksana simulasi UNBK SMA Wachid Hasyim Riyanto, siswa diperkenalkan cara mengoperasikan sistem, agar lancar menjalankan UNBK saat pelaksaan ujian nanti.

“Ini merupakan latihan karena baru pertama kali akan diterapkan, siswa disini mulai dipersiapkan mengoperasikan dan mengenal sistem,” katanya.

Diakui oleh Riyanto, dalam simulasi itu banyak kendala yang ditemukan, karena semuanya masih tahap belajar, mengingat UNBK untuk SMA di Pamekasan, baru pertama akan diterapkan tahun 2017.

“Saya ini juga masih tahap belajar, karena ini baru juga bagi saya. Dengan adanya kendala-kendala yang ditemukan saat simulasi, akan menjadi pelajaran agar tidak terulang lagi, biar saat UNBK yang sebenarnya berjalan lancar,” tambahnya.

Adapun kendala yang paling banyak ditemui dalam simulasi, yaitu saat siswa hendak log in (masuk) ke sistem dan akan log out (keluar) dari sistem yang dijalankan.

Akibatnya, hasil kerja siswa tidak bisa dikirim ke server pusat. Namun, itu sudah bisa diperbaiki setelah pihaknya konsultasi pada operator yang sudah berpengalaman di UNBK.

“Yang banyak tidak diketehui siswa, ternyata sebelum keluar dari sistem ada kolom yang harus dicentang terlebih dahulu. Baru, klik log out, biar keluar sempurna dari sistem dan hasilnya bisa dikirim ke pusat,” tutupnya.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan