Pamekasan, 21/2 (Media Madura) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengimbau para Jemaah Calon Haji (JCH) yang bakal berangkat tahun 2017 ini agar mulai melakukan persiapan.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Pamekasan, Afandi mengatakan, beberapa hal yang harus dipersiapkan secara material, agar segera melakukan pelunasan. Namun, yang tidak kalah pentingnya, lanjut Afandi, juga persiapan fisik.

“JCH yang sudah masuk usia 50 tahun ke atas atau yang memiliki riwayat penyakit agar dipersiapkan secara fisik mulai sekarang, biar lancar dalam menjalankan ibadah haji nanti,” katanya, Selasa (21/2/2017).

Adapun jumlah JCH yang masuk daftar berangkat tahun 2017 sebanyak 868 orang. Mengalami peningkatan 120 orang, dari tahun sebelumnya yang berjumlah 748 orang. Namun jumlah itu belum bisa dipastikan semuanya berangkat, karena masih bersifat sementara, tergantung jumlah yang melunasi.

“Jadi, jumlahnya bisa bertambah, tapi bisa juga berkurang dari 868 orang, Mereka yang masuk porsi keberangkatan merupakan pendaftar di Januari hingga April 2010 lalu,” tambah Afandi.

Keberangkatan JCH Pamekasan ke tanah Suci itu dengan nomor porsi terakhir 1300433954 se Jawa Timur, diharapkan semuanya sudah melakukan persiapan yang dimaksud di atas, bahkan semuanya sudah disurati melalui kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) masing-masing.

“Diharapkan secepatnya, biar cepat rampung sehingga para JCH fokus pada kesehatannya,” tutup Afandi.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan