Sampang, 17/2 (Media Madura) – Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono membuka Musrenbang Kecamatan Omben Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPD) 2018, Jumat (17/2) pukul 09.00 WIB. Dengan demikian, forum penting untuk merumuskan perencanaan pembangunan itu resmi dimulai.

Turut hadir pada pembukaan Musrenbang Kecamatan Omben, Camat Yudhi Adidarta, Sekkab Sampang Puthut Budi Santoso, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sampang, Danramil, Polsek Omben Iptu Ari Widartono,dan seluruh Kepala Desa di wilayah Kecamatan Omben.

Fadhilah menyampaikan, musrenbang kecamatan harus dilaksanakan karena memiliki peran penting bagi pemangku kepentingan untuk merumuskan kebijakan. Sehingga nantinya pra-musrenbang itu dirangkum sebagai pengajuan kepada pemerintah daerah maupun pusat.

“Keinginan kami semua usulan dari desa bisa terlaksana, tapi karena terbatas anggaran tidak semua tercapai,” ujar Fadhilah saat sambutannya, Jumat (17/2/2017).

Untuk itu, demi mengoptimalkan RKPD, selain inovasi dan sistem, diperlukan konsistensi organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mewujudkan program yang diusulkan dalam musrenbang. Seperti jaminan pendidikan dan kesehatan, sarana dan prasarana, serta pelayanan. Dengan begitu, pembangunan di Sampang lebih terarah dan berkualitas.

Camat Omben Yudhi Adidarta memaparkan hasil perolehan Musrenbang-Des berupa gagasan pembangunan dalam RKPD 2018

“Jadi seluruh pihak yang terlibat bisa bersinergi dengan baik dan ikut berkontribusi dalam menyusun perencanaan pembangunan demi kemajuan Kabupaten Sampang,” katanya.

Sementara, Camat Omben Yudhi Adidarta mengungkapkan prioritas usulan pembangunan masing-masing desa dalam musrenbangdes dan hasilnya secara garis besar yakni sarana dan prasarana, kesehatan, pendidikan, serta bidang ekonomi produktif.

“Semoga prioritas usulan untuk di Kecamatan Omben ini bisa terlaksana. Karena potensi wilayah Omben baik dari sumber daya alam dan SDM cukup mampu mendorong perekonomian seperti dari sektor pertanian, sektor perkebunan dan kehutanan, sektor industri rumah tangga,” ungkapnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan