Sampang, 14/2 (Media Madura) – Distribusi bantuan berupa kebutuhan sembako diduga tidak diberikan untuk para korban banjir melanda di Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, terkuak sudah. Salah satunya pembagian bantuan sembako di lokasi terdampak banjir khususnya di Desa Tanggumong.

Informasi diterima mediamadura.com, bantuan sembako itu baru disalurkan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Tanggumong Edi Hartono, kepada korban banjir pada Senin (14/2) kemarin. Semestinya bantuan itu disalurkan sejak Jumat (10/2) lalu.

Itupun setelah munculnya pemberitaan tentang bantuan sembako dari Anggota DPR RI Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) H. Slamet Junaidi, belum disalurkan kepada korban banjir sehingga membuat perangkat desa langsung kebakaran jenggot.

Anehnya lagi, bantuan sembako sebanyak 150 paket di Desa Tanggumong itu langsung diterima Sekdes, tanpa ada koordinasi dengan Kepala Desa (Kades) Tanggumong nonaktif Halimi.

“Saya tidak tahu apa-apa kalau Desa Tanggumong ini mendapatkan bantuan sembako dari DPR RI untuk korban banjir,” tegas Halimi, Selasa (14/2/2017).

Halimi mengaku Sekdes Tanggumong tidak ada pemberitahuan dengan perangkat desa lain seperti Kepala Dusun (Kadus) terkait menerima bantuan sembako.

Bahkan, ia baru tahu setelah adanya pemberitaan jika Desa Tanggumong mendapatkan bantuan. Pasalnya, selama ini dirinya baru saja menunaikan ibadah Umroh.

Terpisah, Sekdes Tanggumong Edi Hartono menyampaikan jika 150 paket bantuan sembako baru di distribusikan Senin kemarin. Alasan baru disalurkan karena sejak hari Jumat dan Sabtu masih dilakukan pendataan penerima.

“Sudah diberikan ke korban banjir dan ini bukti fotonya ada. Baru disalurkan karena masih hari libur dan didata,” dalihnya mewakili Pj Kades Tanggumong Moh Qushay.

Edi menerangkan alasan tanpa ada koordinasi dengan Kades nonaktif Halimi, karena jabatan perangkat desa di Desa Tanggumong dijabat oleh Pelaksana jabatan (Pj).

“Makanya bantuan diterima sama Sekdes,” kelitnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa (Kades) di Desa Kamuning Taufik, menambahkan untuk di desanya itu menerima sebanyak 90 paket bantuan sembako. Pendistribusiannya dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu lalu.

Untuk diketahui, di Desa Tanggumong terdapat lima dusun dengan jumlah sekitar 3.800 jiwa. Dari lima dusun itu tiga diantaranya terparah terdampak banjir, yakni Dusun Tembengan, Naro’an, dan Karongan.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan