Sumenep, 11/2 (Media Madura) – Sudah sepekan lebih lamanya ratusan penumpang kapal Dharma Bahari Sumekar I (DBS I) dan Kapal Cepat Ekspress Bahari tujuan Kalianget-Kangean tertahan di Pelabuhan Kalianget.

Selain sebagian penumpang sudah mulai kehabisan bekal karena saking lamanya tertahan, penyakit juga mulai menyerang calon penumpang, bahkan 9 orang dikabarkan mengalami sakit.

“Benar mas, saudara kami ada yang sakit dan sudah dilarikan ke Puskesmas dan rumah sakit,” tutur Abdul Latif, salah satu calon penumpang asal Desa Kalisangka Pulau Arjasa, Minggu (11/2/2017)

Menurut Abdul Latif, dirinya sudah sekitar hari tertahan di pelabuhan kalianget lantaran pihak Syahbandar belum mengijinkan kapal berlayar karena cuaca masih buruk.

Untuk mensiasati bekal yang mulai menipis, Latif menceritakan, kebanyakan calon penumpang termasuk dirinya harus mengurangi porsi makan, dari 3 kali menjadi 2 kali dengan porsi yang sedikit.

“Ya, (makannya) seadanya mas, yang penting tetap bisa bertahan hidup, tidur pun dengan alas seadanya, jadi wajar kalau sebagian kita terserang penyakit,” Paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, A. Fathoni membenarkan prihal adanya calon penumpang di pelabuhan yang mulai terserang penyakit.

Diakuinya, yang sudah terdata di rumah sakit sebanyak 6 orang. Mereka rata-rata terserang demam dan gangguan pernafasan.

“Mereka sudah kami rawat intensif, penyakit yang menyerang murni karena faktor cuaca yang terjadi saat ini,” tandas Fathoni singkat.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan