Sampang, 8/2 (Media Madura) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang, Madura, Jawa Timur, menyampaikan peringatan dini banjir yang akan melanda di wilayah Kota Sampang, menyusul hujan deras mengguyur wilayah utara, sejak pagi hingga Rabu siang.

“Saat ini banjir akibat hujan deras di wilayah utara Sampang sudah mengalir menuju Kota Sampang, kemungkinan sekitar pukul 18.00 WIB banjir kiriman itu akan tiba di Kota Sampang,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPBD Sampang Anang Djoenaedi, Rabu (8/2/2017) siang.

Menurutnya, dari hasil pemantauan yang dilakukan Tim Rekasi Cepat (TRC) BPBD Sampang banjir kiriman itu akibat hujan yang terjadi di daerah Kecamatan Robatal, Ķedungdung, Kecamatan Karang Penang, serta Kecamatan Omben.

Hujan di empat kecamatan itu bahkan ada yang sejak Selasa (7/2) malam, lalu pada Rabu (8/2) pagi hari hujan kembali turun dengan deras hingga siang.

Sebanyak enam desa diperkirakan akan tergenang banjir dengan ketinggian air antara 50 Cm hingga 150 Cm.

Keenam desa yang kini berstatus waspada karena akan terdampak banjir itu masing-masing Desa Kamoning, Pangilen, Desa Tanggumung, Pasean, Panggung dan Desa Gunung Maddah.

Menurut perkiraan BPBD, di Desa Kamoning, ketinggian genangan banjir bisa hingga 120 Cm, di Desa`Pangilen antara 50-100 Cm, Tanggumung (50-80 Cm), Pasean (50-90 Cm), Panggung (50-80 Cm) dan di Desa Gunung Maddah ketinggian genangan banjir diperkirakan antara 50 Cm hingga 120 Cm.

Hingga sekitar pukul 14.30 WIB, Rabu sore, sebagian desa itu sudah yang tergenang banjir, seperti di sebagian titik di Desa Pasean dengan ketinggian genangan antara 30 hingga 40 Cm.

Selain keenam desa itu, ada empat kelurahan yang juga akan terdampak banjir, yakni Kelurahan Dalpenang, Rongtengah, Gunung Sekar dan Kelurahan Karang Dalem.

“Di Kelurahan Dalpenang yang selama ini biasa terdampak banjir antara lain di Jalan Imam Bonjol depan SMP Negeri 6 Sampang, Jalan Imam Bonjol, Melati, Panglima Sudirman, Jalan KH.Hasyim Ashari dan di sekitar Monumen Trunojoyo Sampang,” jelas Djoenaidi.

Di Kelurahan Rongteah, antara lain di Jalan Bahagia, Jalan Trunojoyo, sedangkan di Kelurahan Gunung Sekar, di Jalan Delima, Kenari, Jalan Aji Gunung dan di Jalan Garuda Sampang.

“Kalau di Kelurahan Dalpenang ialah bagian timur dengan perkiraan ketinggian antara  30-40 Cm,” tuturnya.

BPBD meminta agar masyarakat di enam desa dan empat kelurahan itu siaga dan mempersiapkan untuk mengamankan barang-barang mereka untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman.

“Terutama anak balita, ibu hamil dan orang yang telah lanjut usia,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan