Sumenep, 7/2 (Media Madura) – Dua hari terakhir ini, hembusan angin di sebagian besar wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berbeda dari biasanya. Bahkan saking cepatnya angin, sampai menimbulkan kekhawatiran warga masyarakat. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget Sumenep, saat ini kecepatan angin 10-45 kilometer per jam. 

“Ya, saat ini arah angin dari barat ke timur dengan kecepatan 10-45 km/jam,” kata Kelapa BMKG Kalianget, Subakti melalui sambungan telepon, Selasa (7/2/2017).

Sedangkan gelombang laut, lanjut Subakti, antara 2 sampai 4 meter untuk wilayah Kangean, Masalembu 1,5 sampai 3,5 meter dan Selat Madura 1 sampai dengan 3 meter. 

“(Cuaca seperti ini) berlangsung sampai kapan kami tidak bisa memastikan, tetapi untuk besok kemungkinan masih akan sama, dan lusa mungkin baru akan mengalami penurunan intensitas,” terangnya. 

Untuk itu, dia mengingatkan agar masyarakat mewaspadai cuaca ekstrim ini, baik yang melakukan pelayaran maupun beraktifitas di daratan. 

“Untuk pelayaran harus sesuai petunjuk Syahbandar, jika diizinkan ya berangkat, jika tidak ya jangan memaksakan, begitu juga dengan di daratan, supaya waspada karena angin kencang berpotensi menyebabkan pepohonan tumbang,” imbaunya. 

Reporter: Rosy
Editot: Ahmadi

Tinggalkan Balasan