Pamekasan, 30/1 (Media Madura) – Sebelas desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di tahun 2017 mendatang.

Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Pamekasan, Muttaqin mengatakan, sebelas desa tersebut tersebar di lima kecamatan.

“Untuk pilkades mendatang hanya sebelas desa, lima kecamatan dari 13 kecamatan,” katanya, Senin (30/1/2017).

Ditambahkan oleh Muttaqin, rencana awal, pilkades serentak itu akan digelar pada pertengahan tahun 2017, hanya saja belum bisa memastikan jadwal pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu karena masih akan diajukan kepada bupati.

“Kita bukan ingin menutup-nutupi, karena ini berkaitan dengan masa berakhirnya jabatan Kades. Nanti kita hanya mengajukan scedule kepada Bupati, jika sudah disahkan oleh bupati baru kita umumkan,” tegasnya.

Bahkan, pihaknya tidak bisa menyebutkan dana yang akan dikeluarkan pada pelaksanaan pilkades itu, sebab sebagian dana menjadi tanggungan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes)

Adapun sebelas desa tersebut yakni, Desa Billaan, Pangbatok dan Desa Toket Kecamatan Proppo, kemudian Desa Jarin Kecamatan Pademawu, Desa Kacok, Palengaan Laok dan Desa Banyupelle Kecamatan Palengaan.

Kemudian Desa Ambender dan Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan, Desa Bangserreh dan Desa Bujur Tengah Kecamatan Batumarmar.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan