Sumenep, 21/1 (Media Madura) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengungkap, bahwa pengidap HIV/AIDS di daerah setempat didominasi para pekerja yang ke luar daerah.

Berdasakan data di instansi tersebut, dari bulan Januari hingga Desember 2016 penderita tercatat sebayak 36 orang, sebagian adalah mereka yang bekerja di Malaysia, Kalimantan dan Bali.

“Jadi memang kami mencatat, penederita HIV/AIDS di Sumenep pernah bekerja di luar daerah, mungkin dia tertular disana,” ungkap Kadinkes Sumenep, A Fathoni.

Namun, Fathoni menegaskan, tidak semua penderita penyakit mematikan itu akibat tertular di luar daerah, sebagian juga memang terjangkit dari pergaulan di kawasan Sumenep.

“Penyakit HIV/AIDS bisa menular dari mana dan siapa saja,” paparnya.

Sementara itu, pada tahun 2017 ini, Fathoni berharap akan ada penurunan jumlah penderita. Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap proses penularan penyakit tersebut.

“Jangan melakukan seks bebas atau menggunakan jarum suntik secara bergiliran. Dan jika ada yang mengetahui kasus tersebut, cepat lapor ke kami supaya mendapat penanganan sejak dini,” imbaunya.

Penulis: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan