Sampang, 18/1 (Media Madura) – Sesuai Tata Tertib (Tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang dalam rentang waktu 2,5 tahun masa jabatan baik Ketua Komisi, Badan, dan Anggota Komisi atau alat kelengkapan dewan lainnya harus diganti. Mengingat, saat ini memasuki tahun 2017 jabatan alat kelengkapan dewan tersebut sudah memasuki 2,5 tahun.

Informasi di lapangan tersiar santer bahwa sejumlah fraksi sudah menyiapkan utusan terbaiknya. Dalam perombakan jabatan komisi ini tidak menutup kemungkinan pada pucuk pimpinan komisi bakal tergeser sesuai dengan keputusan fraksi maupun atas dari hasil kesepakatan pemilihan komisi.

Sebagaimana disampaikan Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah, dalam waktu dekat akan diadakan roling jabatan, khsusunya pada alat kelengkapan dewan.

”Sudah dua tahun setengah, sesuai tatib memang sudah harus ada pergantian atau roling jabatan, ” jelas Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah, Rabu (18/1/2017).

Dijelaskan Imam, apabila tidak perubahan, pergantian jabatan alat kelengkapan dewan bisa digelar pada bulan Februari mendatang. Terkait siapa yang akan diganti atau menjadi ketua komisi, tentu itu sudah menjadi keputusan fraksi maupun hasil keputusan pemilihan dari alat kelengkapan dewan itu.

Lanjut Imam, nantinya pimpinan dewan akan menyurati seluruh fraksi agar menyerahkan nama guna mengisi posisi ketua komisi ataupun alat kelengkapan dewan yang lain.

”Sebagai catatan, ketua alat kelengkapan dewan tidak mesti berasal dari fraksi yang sama, artinya besar kemungkinan posisi tersebut berubah. Semuanya berdasarkan kesepakatan antar anggota komisi dan badan,” papar Imam.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Sampang Mohammad Hodai mengaku tidak memiliki kapasitas untuk menjawab tentang pergantian alat kelengkapan dewan. Namun yang jelas ia menegaskan akan sepenuh hati tunduk dan mentaati apa yang sudah menjadi keputusan fraksi.

”Itu bukan kewenangan fraksi, saya pasrahkan ke fraksi, ditempatkan dimana saja itu saya pasrahkan ke fraksi,” tandasnya.

Penulis: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan