Sumenep, 13/1 (Media Madura) – Sungguh miris kisah hidup rumah tangga Novan, warga Jl Menari Kelurahan Kepanjin, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ini.

Lantaran tak punya biaya pengobatan istrinya, pria 35 tahun ini menawarkan sebagian organ tubuhnya untuk dijual kepada yang membutuhkan. Keinginan itu ia posting di akun facebook miliknya beberapa waktu lalu.

Ya, tindakan “gila” Novan tersebut rupanya dipicu oleh kondisi istrinya, Nia Yuniwati yang menderita kanker lidah, dan butuh segera diobati.

“Saya nggak tahu harus bagaimana lagi mas, saya bingung untuk biaya pengobatan istri saya, apalagi untuk berobat dibutuhkan biaya besar,” kata Novan dengan mata berkaca-kaca, Jumat (13/1/2017).

Nia, panggilan sehari-hari Nia Yuniati, diketahui mengidap penyakit tersebut sudah cukup lama, bahkan sejak dua tahun terakhir ia hanya terbaring lemas di rumahnya.

Oleh dokter, penyakit yang diderita Nia sudah divonis stadium 4 dan disarankan untuk segera dilakukan pengobatan intensif.

Namun sayang, kondisi keuangan keluarga Novan dan Nia tidaklah cukup baik untuk melakukan pengobatan. Sehingga, dengan terpaksa Novan menawarkan organ tubuhnya untuk dijual agar dapat mengobati istri tercintanya.

“Ayo mas, siapa yang butuh organ tubuh saya, dipilih saja, yang penting saya dapat uang mas untuk berobat istri saya, saya menginginkan istri saya sembuh,” tuturnya seraya menitikkan air mata.

Dia menceritakan, sebetulnya usaha mengobati istrinya sudah pernah dilakukan dengan membawanya ke RS Dr Soetomo Surabaya. Disana Nia sudah sempat dilakukan kemo terapi sebanyak dua kali dan sinar sebanyak 15 kali.

Ironisnya, langkah pengobatan tersebut tidak bisa dilanjutkan lantaran kondisi Nia terus menurun, hingga akhirnya kembali dibawa pulang.

“Saat itu, biaya saya dapatkan dari kerabat dan teman-teman mas. Tapi ya itu, istri saya terus drop, sehingga pengobatan tidak dilanjutkan,” ceritanya.

Selain itu, lanjut Novan, dirinya juga sudah pernah membawanya ke RSUD Moh Anwar Sumenep dan sempat dirawat disana. Namun, lagi-lagi dia terpaksa tidak melanjutkan perawatan lantaran tak memiliki kemampuan biaya.

“Saya sudah menggunakan BPJS, tapi ternyata saya masih dikenakan biaya kamar dan biaya lainnya, dan saya tidak punya uang untuk itu mas,” sambung pria yang masih tetangga dekat Anggota DPR RI, MH. Said Abdullah itu.

Karena harapannya yang masih ingin melihat istrinya sembuh, Novan kini hanya berharap pada organ tubuhnya yang mungkin bisa terjual. Dia berjanji hasilnya akan digunakan untuk biaya istrinya melanjutkan pengobatan.

Penulis: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan