24.1 C
Madura
Selasa, Juni 25, 2024

Sosok Achmad Baidowi di Mata Kiai Tijani: Beliau Itu Santri

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Sosok calon Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Achmad Baidowi memiliki tempat tersendiri di mata Kiai Achmad Tijani.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Riyadlatul Mubtadiin Karang Jati, Tlonto Ares, Kecamatan Waru itu, Achmad Baidowi dikenal santun dan diterima semua golongan.

Bahkan, Kiai Tijani mengaku sangat mengenal Baidowi. Pasalnya, keduanya merupakan alumni Ponpes Darul Ulum Banyuanyar, Kecamatan Palengaan.

Kiai Tijani lantas menceritakan sosok Achmad Baidowi, mulai dari perilaku di ponpes hingga menjadi politisi nasional.

Di mata, Kiai Tijani, Baidowi adalah pribadi yang mudah bergaul dengan siapapun. Tak heran, jika semua santri kenal dengan Sitok, panggilan Achmad Baidowi, waktu itu.

“Beliau orangnya humoris dan cerdas,” kata Kiai Tijani.

Dikatakan, selain satu bangku di sekolah, Achmad Baidowi juga sangat aktif diberbagai organisasi ekstra sekolah maupun ponpes.

“(Kalau) aktivitas keseharian sama, ngaji hingga masak dan makan bersama,” imbuhnya.

Namun, dari sekian cerita yang pernah terjadi, ada satu yang cukup memprihatinkan kala itu. Achmad Baidowi hampir satu bulan tidak memiliki uang, sehingga untuk makan harus ‘ngampong’ alias makan gratis dengan santri lain.

“Dulu Bapak Achmad Baidowi kurus, kiriman uang dari orang tua beliau sering terlambat. Alhamdulillah beliau sekarang sukses, saya ikut senang,” ungkap Kiai Tijani.

Achmad Baidowi jauh berbeda dengan santri lain. Selain cerdas, aktif bertanya dalam kelas, dia gila bola. Hebatnya, Achmad Baidowi santun dan beradab.

“Sampai sekarang kalau dibutuhkan guru dan pesantren aktivitas lain ditinggalkan. Menurut saya ini keistimewaan Bapak Achmad Baidowi,” tutur Kiai Tijani.

Kiai Tijani tidak heran Achmad Baidowi menjadi pejabat negara sekaligus politisi bersuara lantang memperjuangkan hak warga dan pesantren di Madura.

Oleh karena itu, Kiai Tijani senang mendengar Achmad Baidowi akan maju sebagai Bupati Pamekasan pada Pilkada 2024 mendatang.

“Saya sangat setuju jika beliau turut mencalonkan diri sebagai calon Bupati, melihat perjalanan karir politik dan latar belakang pendidikannya, beliau memang layak menjadi Bupati,” tegasnya.

Terakhir, Kiai Tijani membeberkan sebagian pekerjaan dan posisi strategis serta pendidikan yang pernah dijalani Achmad Baidowi.

“Beliau kuliah hingga meraih gelar doktor dan rekam jejaknya sebagai wartawan, sekarang DPR RI, yang istimewa bagi masyarakat, beliau itu santri,” ujarnya.

“Saya yakin Pamekasan butuh pemimpin seperti beliau yang sudah berpengalaman, tahu keluh kesah masyarakat dan apa yang dibutuhkan. Intinya, beliau layak dan menjadi kategori pemimpin ideal untuk Pamekasan ke depan,” tutupnya.(*)

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article