26.7 C
Madura
Minggu, Mei 19, 2024

Pj Bupati Rudi Arifiyanto Apresiasi Pemilu 2024 di Sampang Aman dan Damai

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Sampang, (Media Madura) – Penjabat (Pj) Bupati Sampang Rudi Arifiyanto mengapresiasi seluruh stakeholder yang telah sigap mengawal keberlangsungan Pemilu 2024, sehingga kontestasi itu berjalan dengan aman damai dan kondusif.

Keberhasilan ini tak lepas dari wujud sinergitas dan kerjasama antara pemerintah daerah dengan semua pihak dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilu dan pihak keamanan maupun seluruh elemen yang telah berkontribusi besar atas kondusivitas Sampang dalam mensukseskan Pemilu 2024 semoga ini akan terus sukses dan lancar,” ucap Rudi Arifiyanto, Rabu (12/3/2024).

Tak hanya itu, apresiasi ini juga disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi memberikan hak pilihnya, baik untuk memilih presiden-wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPR provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota.

Bentuk partisipasi aktif masyarakat inilah merupakan parameter untuk mendorong pelaksanaan pemilu berjalan kondusif adil dan berintegritas.

Menurut Rudi, kinerja KPU maupun Bawaslu diakui benar-benar baik dan maksimal selama melakukan proses tahapan pemilu mulai dari pra-pemilu, masa kampanye, hingga hari pelaksanaan pencoblosan. Meski sempat terjadi insiden kejadian kecil di beberapa titik Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Namun itu masih bisa diatasi dan terselesaikan, tentu ini berkat kerja keras kinerja penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu mengawal pesta demokrasi,” ujarnya.

Sekretaris Deputi Kebijakan Pembangunan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu menuturkan, suksesnya Pemilu 2024 di Sampang yang berjalan aman dan kondusif diharapkan dapat terus diwujudkan. Sebab, pelaksanaan pemilu di wilayah yang dipimpinnya terbilang unik dan menjadi pusat perhatian.

Mengacu pada kejadian tahun silam sejak tahun 1999, 2004, dan Pilkada Sampang tahun 2019, pesta demokrasi tersebut kerap terjadi insiden kericuhan hingga dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

“Sampang terkenal dengan kejadian seperti itu, kalau tidak rusuh pasti PSU,” tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya maksimal membantu dan memberikan dukungan terhadap KPU dan Bawaslu agar pemilu di Sampang berjalan aman dan kondusif.

Salah satunya dengan mengecek langsung semua persiapan yang dibutuhkan, mulai dari ketersediaan tempat atau gudang penyimpanan logistik termasuk dari sektor keamanan, memperbaiki gudang logistik yang bocor.

Seminggu sebelum hari pencoblosan, pihaknya bersama Forkompinda beserta aparat keamanan mengunjungi kantor KPU guna mengecek semua persiapan yang sudah dilakukan.

Pihaknya juga memerintahkan kepada camat untuk ikut mengawasi dan mengawal proses pergeseran logistik pemilu ke kantor kecamatan. Hal ini sejalan dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan dirinya saat dilantik menjadi Pj Bupati Sampang.

“Tugas pertama yang diberikan Mendagri dan Gubernur Jatim agar mengamankan proses pelaksanaan Pemilu 2024, Alhamdulillah tugas itu bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan semua unsur Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat di Sampang,” kata Rudi Arifiyanto.

Guna memaksimalkan pengawalan pemilu, pihaknya juga membuka posko Des Pemilu yang bertempat di sebelah Pendopo Sampang. Tujuannya agar segala informasi dan data pemilu tersaji secara akurat sekaligus menimalisir terjadinya kericuhan yang bisa segera tertangani.

“Khawatir ada hal yang berkaitan dengan keamanan petugas penyelenggara pemilu sehingga bisa segera ditangani,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article