22.1 C
Madura
Minggu, Mei 19, 2024

KPU Sampang Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2024, yang bertempat di Alun-Alun Trunojoyo Sampang, Rabu (27/12/2023).

Ketua KPU Sampang Addy Imansyah mengatakan, simulasi dilakukan untuk mengedukasi semua pihak termasuk panitia penyelenggara agar paham terkait tata cara pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Hal ini penting dalam rangka penguatan kapasitas SDM untuk memastikan proses pemungutan penghitungan dan rekapitulasi sesuai regulasi yang ada.

Selain itu, simulasi juga bertujuan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Ini bertujuan untuk penguatan kapasitas SDM penyelenggara pemilu tingkat kecamatan hingga desa, sekaligus juga ingin mensosialisasikan kepada masyarakat pemilih untuk teknis pemungutan dan penghitungan suara,” ucap Addy Imansyah.

Addy menjelaskan, dalam simulasi ini pihaknya juga melibatkan masyarakat pemilih. KPU mengambil sampling 100 orang pemilih yang terdaftar Daftar Pemilih Tetap (DPT) di salah satu TPS di wilayah Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Kota Sampang.

Sebagai persiapan pelaksanaan pemungutan suara, KPU akan terus memantau dan melakukan pemantapan guna menciptakan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang semakin berkualitas.

“Termasuk nanti pemantapan pada saat pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 25 Januari 2023,” ujarnya.

Selain itu, Addy juga menyampaikan sejumlah hal yang perlu dicermati saat pelaksanaan pemilu, seperti siapa saja pemilih tetap, pindahan, dan khusus dalam proses pemungutan suara.

“Mudah-mudahan partisipasi pemilih pada 14 Februari lebih meningkat,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article